Pengertian Penelitian Dan Jenis Penelitian Untuk Mahasiswa

Penelitian -- Penelitian merupakan salah satu kegiatan yang senantiasa dilakukan oleh kaum akademisi,  namun demikian masih banyak yang belum memahami arti penelitian. Penelitian secara  umum dapat diartikan sebagai kegiatan dalam  proses pengumpulan dan analisis data dalam memecahkan suatu masalah  serta dilakukan secara sistematis , logis dalam mencapai tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Penelitian
Jenis penelitian dalam perguruan tinggi secara umum terdiri dari :


Penelitian Kualitatif 

Penelitian kualitatif merupakan salah satu penelitian ilmiah bersifat deskriptif dan analisisnya menggunakan pendekatan induktif. Dimana peneliti dituntut jeli melihat kejadian yang akan dijadikan  data penelitian. Seperti wawancara, maupun kajian pustaka.

Penelitian Kuantitatif 
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah secara sist
ematis terhadap baik fenomena yang terjadi dilapangan serta hubungannya. Penelitian ini lebih mengedepankan kajian pustaka sebagai validasi data. Setiap kalimat ditulis dalam penelitian ini tidak boleh berupa argumen dari peneliti, melainkan pendapat ahli-ahli dalam literature.
Teknik penelitian kuantitatif secara umum seperti : Survei, Ekspo Facto dan Eksperimen 

Pengembangan 
Penelitian Pengembangan bisa dikatakan sebagai proses dalam rangka mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. Produk yang dimaksud tidak selalu berbentuk benda , seperti buku, modul, bisa dalam bentuk perangkat lunak (software), seperti program komputer, model-model pendidikan, pelatihan, bimbingan, evaluasi,atau SOP (standard Operating Procedure).

Lebih lengkap mengenai penelitian baik contoh dan prosedur bisa dilihat pada Penelitian Dan Ruang Lingkupnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akuntansi dan Permasalahannya Dalam Teori Akademis

Pengertian Keuangan Dan Cara Dalam Pengelolaan Investasi